Senin, 09 April 2018

EKONOMI MAKRO DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

            Ekonomi makro Indonesia adalah sistem yang melakukan analisa mengenai segala bentuk perubahan kondisi ekonomi Indonesia untuk mencapai hasil yang terbaik. Bentuk perubahan yang dimaksud adalh pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, dan kestabilan harga, serta tercapai atau tidaknya keseimbangan neraca yang dilakukan secara berkesinambungan.
            Ekonomi Indonesia termasuk kategori Small Open Economy yang berarti kondisi ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh perekonomian yang terjadi di negara-negara maju serta beberapa negara yang termasuk tujuan ekspor. Itu artinya Indonesia punya tantangan tersendiri untuk menyeimbangkan pasar keuangan internasional dengan pasar keuangan nasional

Dalam ekonomi makro Indonesia ada tiga variabel yang memiliki cakupan lebih luas dalam perekomomian Indonesia.
Tiga Variabel dalam Ekonomi Makro Indonesia :                                                                          
 1. Nilai Tukar Rupiah                                                                                                                      
 2. Tingkat Suku Bunga                                                                                                                      
 3. Inflasi

Konsumsi privat, pengeluaran pemerintah, impor dan ekspor, serta investasi adalah dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut di dalam permintaan agregat.  Semakin membaik atau tidaknya permintaan agregat itu tergantung semakin baik atau tidaknya varibel di atas. Dan supaya perekonomian Indonesia dapat berkembang sesuai keinginan masyarakat dan pemerintah maka harus mendapat penanganan yang seimbang. Hal ini dikarenakan selain permintaan agregat ada juga penawaran agregat yang meliputi pasar tenaga kerja dan teknologi atau yang kita kenal dengan IPTEK.
Seperti informasi yang  mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2018, menurut APBN diperkirakan pertumbuhan ekonomi mencapai angka 5,4% yang berarti mengalami peningkatan 0,2 persen lebih tinggi dari pada tahun 2017 yang hanya sebesar 5,2 % setelah terjadi perombakan. Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat diperkirakan berada pada Rp 13.400 per dolar Amerika Serikat. Tingkat suku bunga SPN 3 bulan sebesar 5,2%. Serta Inflasi dapat terkendali dalam kisaran 3,5%.

Mengenai  kerangka asumsi makro ekonomi Indonesia yang diakui pemerintah selama ini selalu mempertimbangkan baik faktor eksternal maupun internal dalam penetapannya.
Faktor eksternal yang akan mempengaruhi ekonomi makro Indonesia yaitu :
1. Harga minyak mentah internasional relatif stabil                                                                           2. Perekonomian global diperkirakan akan tumbuh pada level yang
3. Proses pemulihan terhadap perekonomian global.

Faktor internal yang akan mempengaruhi ekonomi makro Indonesia yaitu :
1. Hutang terhadap PBB yang terus mengalami penurunan.                                                      
2. Optimalisasi terhadap anggaran belanja negara.                                                                      
3. Meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur.                                                                
4. Fiscal Sustainability tetap terdukung dengan terkendalinya konsolidasi fiskal.                  
5. Terkendalinya penerapan target inflasi.

Jika dilihat dari sisi makro, nilai tukar mata uang juga merupakan salah satu variabel penting bagi kondisi ekonomi Indonesia. Sesuai dengan data dari BI (Bank Indonesia) tahun 2018 pada bulan maret sesuai JISDOR rupiah melemah menjadi 13.793 per dolar AS dari sebelumnya13.707 per dolas AS. Hal ini karena pengaruh global, terutama spekulasi pasar mengenai kenaikan suku bunga oleh The Fed dalam FOMC bulan April. Jadi bukan karena faktor domestik. Namun kondisi fundamental Indonesia justru menunjukkan tren perbaikan. Terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang terus membaik dan inflasi lebih terkendali. Bukan berarti kalau FED menaikkan suku bunga Bank Indonesia akan menaikkan suku bunga. FED itu naik 5 kali sementara BI bisa menurunkan 5 kali. Hal ini bisa dilakukan karena inflasi bisa terjaga tetap rendah antara 3 sampai 3,6%, defisit dari ekspor impor dari barang jasa terjaga di bawah 2% PDB.
Sebenarnya, nilai tukar rupiah masih memiliki kemungkinan untuk lebih menguat lagi dan lebih stabil lagi karena kondisi makro ekonomi di dalam negeri saat ini lebih baik jika dibandingkan dengan kondisi ekonomi global. Di lain pihak kenaikan mata uang di Asia memperlihatkan dukungan juga terhadap pergerakan mata uang di dalam negeri. Dan pemerintah juga terus berusaha untuk mencegah anjloknya nilai rupiah agar stabilitas kondisi ekonomi Indonesia tidak terganggu. Selain itu juga pemerintah bertujuan untuk menekan tingkat inflasi.
Terjadinya inflasi disebabkan karena meningkatnya harga barang secara umum dalam waktu yang berlangsung terus-menerus. Hal ini juga disebabkan beberapa faktor yang berkaitan dengan mekanisme pasar, yaitu :
1. Meningkatnya daya konsumsi masyarakat.
2. Terhambatnya pendistribusian barang.
3. Spekulasi yang memicu konsumi karena berlebihnya likuiditas di pasar.

Selain beberapa penjelasan di atas mengenai ekonomi makro Indonesia, sebenarnya ada satu masalah lagi yang juga menjadi masalah utama ekonomi di Indonesia, yaitu jumlah penduduk miskin yang masih cukup besar. Menurut data terakhir dari Badan Statistik Nasional bulan Maret tahun 2017  angka kemiskinan sebesar 27,77 juta orang (10,64%) , dan mengalami penurunan pada bulan september 2017 sebesar 26,58 juta orang (10,12%. Semoga hal ini bisa menjadi penyemangat bagi pemerintah untuk  lebih menekan angka kemiskinan di Indonesia yang juga memiliki pengaruh besar terhadap kondisi ekonomi di Indonesia. Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan kita semua.

Sumber :
http://www.kemenkeu.go.id
http://www.bps.go.id
http://m.detik.com

2 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus