Selasa, 24 April 2018

PERBEDAAN ILMU EKONOMI MAKRO DAN MIKRO

➤ILMU EKONOMI MAKRO

Ilmu ekonomi makro membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi , inflasi , pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta pengaruhnyha terhadap beragam tindakan pemerintah (misalnya perubahan tingkat pajak) terhadap hal-hal tersebut. dengan demikian ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keselurahan). variabel-variabel tersebut antara lain: pendapat nasional , kesempatan kerja dan atau pengangguran , jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Teori ekonomi makro menerangkan aspek-aspek seperti penentuan tingkat perekonomian negara yang berkaitan dengan sampai dimana suatu perekonomian negara yang berkaitan dengan sampai dimana suatu perekonomian akan menghasilkan barang dan jasa. ilmu ekonomi nakro yang bertujuan untuk memepelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut:
  1. Pertumbuhan ekonomi 
  2. Stabilitas Ekonomi Negara 
  3. Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi
  4. Inflasi
  5. Peredaran uang di masyarakat
  6. Nilai kurs mata uang
  7. Ekonomi internasional
  8. Neraca pembayaran internasional

➤ ILMU EKONOMI MIKRO

Ilmu ekonomi mikro mempelajari variabel-variabel ekonomi di lingkup lebih kecil misalnya rumah tangga  konsumen dan struktur industri. Di ekonomi mikro ini di pelajari tentang bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimal. Selain itu, kajian ekonomi mikro mencakup perilaku produsen dan konsumen saat berinteraksi di pasar. Secara teori, tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimal bersama dengan individu-individu lain akan menciptakan keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwa semua hal llain tetap sama (cateris paribus). Komponen-komponen yang dianalisis di ilmu mikro adalah:

  1. Interaksi di pasar barang
  2. Interaksi di pasar faktor produksi
  3. Perilaku penjual dan pembeli

➤tabel perbedaan Ilmu ekonomi Mikro dan Ilmu ekonomi makro


Perspektif
Ekonomi Mikro
Ekonomi Makro


Tujuan analisis
Fokus ditujukan kepada analisis tentang cara mengalokasikan sumberdaya untuk mencapai kombinasi yang tepat

Fokus ditujukan kepada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara agregat


Unit analisi
Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Misal permintaan dan penawaran , perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar , penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.

Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Misal pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi


Harga
Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja)
Harga adalah nilai dari komoditas secara keseluruhan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar