Rabu, 25 April 2018

MASALAH EKONOMI YANG DIHADAPI INDONESIA

Sebagai salah satu negara yang sedang berkembang, Indonesia mengalami banyak masalah di bidang ekonomi. Seringklai kita melihat banyaknya demonstrasi yang dilakukan masyarakat sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap kinerja dan kebijakan pemerintah yang dianggap tidak memuaskan. Ada begitu banyak masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi, diantaranya adalah perumbuhan ekonomi, inflasi, kemiskinan, pengangguran, defisit anggaran, hingga utang luar negeri yang semakin hari semakin menumpuk. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai beberapa masalah pemerintah di bidang ekonomi.


Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah. Dalam praktik, pertumbuhan ekonomi dihitung degan membandingkan PDB (Produk Domestik Bruto)) tahun tertentu dengan PDB tahun sebelumnya. Saat ini pertumbuhan ekonomi pemerintah berada pada angka 5%. Pemerintah memiliki peran yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik demi mencapai kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

➤ Tingginya Angka Kemiskinan

Angka kemiskinan di Indonesia tergolong tinggi dan menjadi salah satu masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. Kemiskinan seperti telah menjadi wabah dan merupakan masalah pelik yang dihadapi oleh dunia saat ini. Kemiskinan terjadi karena banyak faktor, diantaranya adalah ketidakmmapuan untuk memperoleh pekerjaan yang layak akibat kurangnya tingkat pendidikan seseorang. Salah satu penyebab tingginya angka kemiskinan di Indonesia adalah kurangnya pendapatan yang tidak diimbangi dengan pengeluaran sehingga mendorong seseorang untuk terlibat utang piutang.

➤ Ketidakstabilan Kegiatan Perekonomian 

Pada umumnya perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur. Suatu saat bisa naik dan suatu saat bisa turun. Terkadang kegiatan perekonomian berkembang sangat cepat. Dan pada waktu lain berkembang sangat lambat bahkan mengalami kemerosotan.  Kegiatan ekonomi sangat dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk di antaranya adalah stabilitas politik dalam negeri. Pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan dalam jangka panjang di suatu perekonomian disebut konjungtur atau siklus kegiatan perusahaan.

➤ Masalah Kependudukan 

Indonesia mengalami masalah kependudukan yang secara langsung berimbas pada masalah ekonomi. Angka pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi tidak sebanding dengan pertumbuhan lapangan kerja. Dampaknya, pengangguran di mana-mana. Masalah kependudukan yang berdampak pada kegiatan perekonomian antara lain adalah tingginya angka urbanisasi. masyarakat yang memilih untuk melakukan kegiatan urbanisasi terkadang bahkan tidak memiliki skil yang cukup mumpuni agar memperoleh pekerjaan di kota.  Di samping itu, rendahnya tingkat pendidikan juga menjadi penyumbang terbesar angka pengangguran.  

➤ Ketidakmampuan Mengelola Sumber Daya Manusia
Walaupun penduduk Indonesia terbanyak ke-4 di dunia, namun kualitasnya masih sangat buruk. Sehingga Indonesia selalu kekurangan para ahli dan harus mendatangkannya dari luar negeri. Sedangkan kebanyakan orang Indonesia yang bekerja di luar negeri hanya bisa menjadi pembantu saja.

➤Inflasi


Berdasarkan data BPS, inflasi Indonesia pada tahun 2011 sebesar 3,79%. Inflasi yang terjadi di Indonesia disebabkan tingginya permintaan agregat, sementara permintaan barang dan jasa tidak diimbangi dengan kemampuan produksi dan kenaikan biaya produksi. Inflasi ditandai oleh kenaikan harga barang dan jasa secara keseluruhan. Hal ini akan menimbulkan penurunan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa. Inflasi berdampak pada lesunya kegiatan perekonomian, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, melemahnya nilai rupiah, dan ketidakstabilan perekonomian negara. Berdasarkan sumbernya inflasi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu inflasi tarikan permintaan dan inflasi dorongan biaya.

➤ Pengangguran


Secara umum pengangguran diartikan sebagai angkatan kerja yang tidak bekerja. Pengangguran merupakan rantai masalah yang dapat menimbulkan beberapa permasalahan pada suatu negara. Pengangguran disebabkan jumlah angkatan kerja yang tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja/kesempatan kerja. Akibatnya, banyak angkatan kerja yang tidak dapat terserap dalam lapangan pekerjaan sehingga menimbulkan pengangguran.

➤ Hutang Luar Negeri

Indonesia memiliki hutang luar negeri yang sangat banyak yakni lebih dari USD 100 miliar. Setiap kementerian mempunyai hutang. Indonesia adalah negara dengan hutang luar negeri terbesar ke-3 di dunia setelah Brazil dan Meksiko. Hutang yang terus menumpuk tersebut menyebabkan terjadinya berbagai masalah perekonomian seperti nilai mata uang Rupiah yang terus menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar